Total Tayangan Halaman

Rabu, 14 Maret 2012

Apel Dan Susu Bantu Turunkan Kadar Gula darah

Beberapa makanan dan minuman diketahui bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Ternyata susu dan apel bisa menjadi pilihan yang baik sebagai diet sehat untuk membantu turunkan kadar gula darah.
Susu dan apel sama-sama memiliki predikat sebagai makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi penting seperti protein berkualitas tinggi, serat, kalium dan kalisum. Hal ini yang membuat kedua baik untuk mencegah penyakit kronis, salah satunya bagi yang punya kadar gula darah tinggi.
Pola makan yang sehat bisa mencegah pradiabetes berkembang jadi diabetes serta komplikasi, salah satunya memasukkan buah-buahan seperti apel dna produk susu berupa segelas susu untuk mengontrol gula darah, seperti dikutip dari Mayo Clinic, Rabu (18/1/2012).
Tak lama setelah mengonsumsi karbohidrat dalam susu dan apel menyebabkan kadar gula darah meningkat. Tubuh memecah karbohidrat dari makanan menjadi glukosa atau gula dan melepaskannya ke dalam aliran darah. Diketahui segelas susu mengandung 12 gram karbohidrat, sedangkan satu buah apel kecil mengandung 15 gram.
Susu dan apel termasuk makanan dengan nilai indeks glikemik rendah, karenanya ia menyebabkan peningkatan yang lebih lambat dan berada pada kadar gula darah yang rendah.
Jika seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi, maka mengonsumsi susu dan apel adalah pilihan yang lebih baik daripada cemilan lain yang mengandung kadar glisemik tinggi seperti buah kering atau minuman ringan.
Selama beberapa minggu, secara konsisten memilih susu dan apel bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi serta membantu mengendalikan berat badan. Hal ini karena sebuah apel kecil hanya memiliki 60 kalori dan secangkir susu skim meiliki 100 kalori.
Kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol akan memicu terjadinya komplikasi diabetes seperti penyakit jantung, gagal ginjal, kebutaan dan cedera kaki yang bisa memerlukan amputasi. (Sumber: Detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar